Tips Membuat Vector Vexel Mulai Dari Awal



Setelah dari postingan saya tentang Vector dan Vexel, tentu kita sudah tahu perbedaan dari keduanya. Lalu, bagaimana sih caranya membuat gambar vector atau gambar vexel? Dalam membuat gambar digital, kita mesti memahami terlebih dahulu beberapa hal supaya mempermudah ketika akan membuatnya nanti.

Saya akan mengkhususkan pada Adobe Photoshop sebagai aplikasi untuk membuatnya, karena selama ini saya hanya menggunakan aplikasi itu untuk membuat gambar digital. Intinya sih sama saja meski kita akan membuat vector vexel dengan aplikasi apa pun, karena caranya hampir mirip.

Di Adobe Photoshop, kita menggunakan Pen Tool dan juga Brush Tool untuk membuatnya. Teman-teman bisa melihat artikel saya tentang kedua tool tersebut bila belum mengetahuinya. Garis besarnya hanya menggunakan dua tool itu dan juga kadang memerlukan shape tool. Kecuali jika nanti di akhir kita akan mempermanis desain yang kita buat. Baru kita bisa bebas mengkreasikannya sesuai dengan keterampilan kita masing-masing.

Sebelum pada tips untuk membuat vector vexel, saya akan menjelaskan beberapa hal yang sekiranya mesti dipahami pada pembuatan vector vexel. Juga merupakan rangkaian untuk membuat vector vexel.


  • Tracing

Tracing berawal dari kata trace, yang memiliki arti menelusuri atau penelusuran. Dalam desain grafis sendiri tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan atau objek dari yang akan di-trace.

Intinya, tracing adalah menjiplak atau menyalin dari objek yang telah tersedia hingga menjadi sebuah ilustrasi. Istilahnya disebut ‘nge-trace’. Kita bisa memakai model manusia, atau objek apa pun. Juga bisa kita buat sketsa sendiri terlebih dahulu.


(Contoh tracing dalam line art)


  • Shading

Setelah melakukan tracing, kita lalu memberikan warna dasar pada objek itu sesuai bagiannya. Setelah itu barulah kita memberikan shading, yaitu menambahkan warna yang berdasarkan gelap terangnya bagian objek itu. Shading berfungsi untuk membuat vector vexel yang kita buat menjadi lebih detail, dan menjadi lebih mirip dengan foto aslinya.
 (Contoh Shading)

  • Masking

Masking dalam manipulasi berarti menghilangkan atau mengubah hal yang ada pada objek foto tersebut, tetapi tanpa menghapus bagian dari foto itu sendiri. Sementara dalam vector vexel, masking berfungsi untuk menghaluskan shading yang telah kita berikan sebelumnya. Cara memberi masking sebagai berikut.

Pertama, klik ‘add vector mask’ yang berada di bawah layer.


Setelah itu akan muncul vector mask pada layer yang kita pilih tadi.


Selanjutnya, kita tinggal menggunakan brush dengan jenis ‘soft brush’ dan menggosoknya pada bagian yang ingin di-masking.
 (Setelah memakai masking)


Seperti itulah kira-kira hal yang mesti diketahui pada saat membuat vector vexel. Dalam menjiplak objek foto menjadi gambar digital, kita bisa mengikuti alur warna atau juga bisa dengan menggunakan posterize. Semua tergantung pilihan.

Tips Membuat Vector Vexel

Saat pertama kali membuat vector vexel, tentu kita akan sedikit mengalami kesulitan pada saat membuatnya. Namanya juga awalan. Apalagi ketika saat memberikan shading dan masking, saya rasa itu bagian yang paling sulit saat membuatnya. Karena itu saya akan coba berikan beberapa tips yang sekiranya membantu teman-teman yang baru belajar membuat vector vexel.

  • Fokus Pada Area Wajah

Untuk pertama kali sebaiknya kita hanya fokus pada area wajah, sangat disarankan untuk memakai foto close up atau yang hanya memperlihatkan wajah. Sebaiknya kita belajar terlebih dahulu membuat mata, bibir, juga area wajah dengan shading yang sederhana.

  • Mulai Dari yang Sederhana

Mulailah dari yang simple terlebih dahulu, dari pemberian shading, memilih warna, atau saat memberi background nanti. Yang penting kita mesti terbiasa dulu.

  • Menggunakan Gambar High Definition

Memakai gambar yang memiliki kualitas tinggi atau HD tentu sangat dianjurkan. Karena gambar itu akan terlihat jelas untuk kita men-trace bagian wajahnya.

  • Belajar Dari Tutorial

Sambil kita mengedit, alangkah baiknya kita juga sambil melihat video tutorial tentang membuat vector vexel. Agar kita dapat memiliki bayangan saat membuatnya.

  • Menggunakan Foto Artis Atau Orang Terkenal

Cobalah untuk memakai objek foto dari orang-orang terkenal, seperti artis, pemain sepak bola, model, dan lain sebagainya. Karena biasanya memiliki kualitas foto yang sangat jernih dan bentuk wajah yang mudah untuk di-trace.

  • Menggunakan Foto Orang yang Disuka

Kadang, saat kita berlatih membuat vector vexel terus menerus akan ada rasa bosan yang menghampiri. Cobalah sesekali mengedit foto orang yang kita suka, agar semangat kembali, he he he.

  • Jangan Minder Atau Patah Semangat

Penyakit menjamur yang selalu hinggap pada seorang pemula adalah selalu membandingkan karyanya dengan orang yang sudah lama bergelut pada bidang tersebut. Saya juga kerap melakukan hal itu, dan akhirnya malah down. Oleh karena itu, janganlah kita membandingkan karya kita dengan orang yang sudah profesional. Kecuali kalau itu dijadikan sebagai pecut untuk semakin semangat dalam berkarya.

Oleh karena itu kita coba terus perbaiki skill kita agar bisa memiliki karya seperti mereka.


Untuk cara membuatnya, saya akan memberikannya lewat video tutorial yang akan saya upload di youtube di lain kesempatan.

Sekian artikel tentang vector vexel kali ini, bila ada yang ingin ditanyakan silakan tulis di kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini apabila bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see you!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Vector Vexel Mulai Dari Awal"

Post a Comment