Cara Menambahkan Brush Hasil Download dan Mengubah Jenis Brush di Photoshop



Brush tool sepertinya menjadi salah satu tools yang paling sering digunakan dalam membuat suatu desain, khususnya di Adobe Photoshop. Karena tools yang satu ini memang memiliki banyak fungsi dan sangat berguna untuk membuat desain yang kita buat menjadi lebih menarik.

Secara sederhana, penggunaan brush tool itu sama seperti kuas. Kita tinggal menggosokan kuas itu pada dokumen kerja yang telah tersedia, seperti yang sudah pernah saya jelaskan di artikel tentang memahami brush tool.

Di dalam Adobe Photoshop sendiri sebenarnya sudah disediakan berbagai jenis brush yang sekiranya dapat membantu kita dalam membuat desain. Misalnya untuk menghaluskan desain, membuat ilustrasi, membuat efek tertentu, atau membuat bentuk tertentu.

Tetapi, ada juga brush yang bisa kita download di internet tentunya dengan jenis yang lebih menarik. Terdapat banyak sekali jenis brush yang dapat digunakan, kita bisa mencarinya sendiri. Di sini saya akan menjelaskan cara untuk menambahkan brush yang telah kita download tadi ke dalam Adobe Photoshop.

Sebelum itu, saya akan memberikan beberapa jenis brush standar yang sudah terdapat pada Photshop.
 
Yang pertama adalah basic brush, inilah brush standar yang terdapat pada Adobe Photoshop. Dengan brush ini dapat membantu kita untuk mempercantik desain yang kita buat.
 
Selanjutnya, jika kita meng-klik icon yang ditunjuk oleh panah seperti dalam gambar di bawah ini.


Maka akan muncul beberapa jenis brush lain yang juga sudah disediakan oleh Adobe Photoshop. Kita bisa pilih sesuai kebutuhan.



Selanjutnya kita masuk ke inti bahasan. Bagaimana cara menambahkan brush hasil download? 

Pertama, klik icon yang ditunjuk panah merah.


Kemudian pilih ‘Load brush’.


Cari letak file brush itu berada, biasanya file itu memiliki jenis .abr setelah ketemu, kita bisa langsung pilih dan klik ‘Load’.


Dan brush yang telah kita pilih tadi sudah tersedia.


Bagaimana? Cukup mudah bukan menambahkan brush pada Adobe Photoshop? Selain kita dapat mencari dan mendownload di internet, kita juga bisa untuk membuat brush itu sendiri. Tentunya dengan kreasi yang bisa kita ciptakan sendiri.

Cukup sekian untuk artikel saya kali ini, bila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung ketik di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see you!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menambahkan Brush Hasil Download dan Mengubah Jenis Brush di Photoshop"

Post a Comment