Pengertian Line Art Beserta Contohnya


Line art atau yang berarti seni garis adalah sebuah karya seni yang setiap gambarnya terdiri dari garis lurus atau melengkung hingga membentuk suatu objek. Juga bisa diartikan, line art yaitu seni grafis yang menggunakan garis sebagai dasar untuk membuat ilustrasi.
Line art biasa digunakan untuk menggambar objek dua atau tiga dimensi, yang kemudian bagian dalam juga latarnya diberikan warna untuk beragam keperluan. Line art juga bisa diberi tambahan shading dan tekstur, demi terciptanya suatu seni yang bernilai. Sebelum adanya fotografi, line art merupakan standar ilustrasi untuk media cetak ketika menyampaikan sebuah informasi.

Dalam sebuah karya, line art biasanya digunakan sebagai outline atau garis luar untuk pembatas dari warna dasar. Warna yang dipakai untuk line art, kebanyakan adalah warna gelap atau hitam. Karya digital seperti vector vexel, kartun, grime art, dan lainnya kerap menggunakan line art untuk outline-nya.

Lalu, seperti apakah line art itu? Seperti yang sudah dijelaskan tadi, line art adalah kumpulan garis yang akhirnya membentuk suatu objek. Seperti ini contohnya.


Line art di atas bisa kita edit lagi, dengan cara diwarnai misalnya. Saya beri contoh dengan memberikan shading sederhana. Hanya menggunakan warna hitam putih.


Dalam pembuatannya, line art tinggal mengikuti warna gelap dari objek foto yang ada, sehingga menciptakan cetakan dari foto tersebut. Pilihlah daerah gelap dari foto, yang kemudian kita trace atau beri garis pada area tersebut.


Dalam Membuat Line Art Apa Harus Menggunakan Warna Hitam?
Seperti yang sudah diketahui, line art merupakan outline atau garis luar dalam sebuah karya. Dalam gambar digital seperti vector vexel, smudge, atau lainnya, memang kebanyakan menggunakan warna hitam atau gelap sebagai line art-nya. Karena warna hitam sudah menjadi standar warna dalam pembuatannya.

Akan tetapi, jika kita ingin berkreasi sendiri terhadap karya yang akan kita ciptakan. Tidak ada salahnya mencoba menggunakan warna lain, karena dalam seni itu kita harus pandai-pandai berkreasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan menghasilkan karya yang bernilai dan menjadi ciri khas kita sendiri.


Apa Dalam Gambar Digital Harus Memakai Line Art?
Line art memang biasa digunakan sebagai outline. Seperti dalam vector vexel, saya kerap membuat line art terlebih dahulu, karena dirasa lebih nyaman jika memakai line art. Tetapi ingin memakai atau tidak itu tergantung selera masing-masing. Dalam vector vexel sendiri tidak harus memakai line art, bisa langsung memberi warna dasar dan shading. Kecuali kalau untuk kartun, itu mungkin memang harus agar gambar yang dihasilkan lebih bagus.

Agar memiliki gambaran line art, saya beri beberapa contoh lengkap dengan gambar yang sudah diwarnai setelah line art.




(Contoh line art)


Dan ini adalah line art di atas setelah diberi warna dan shading.





Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Pengertian Line Art Beserta Contohnya"

  1. I really enjoyed reading your blog. It was very well written and easy to understand. Unlike other blogs that I have read which are actually not very good. Thank you so much!
    Slot Game Development Company

    ReplyDelete
  2. Great Article it its really informative and innovative keep us posted with new updates. its was really valuable. thanks a lot.
    เสือมังกรเว็บไหนขั้นต่ำ 10 บาท2021

    ReplyDelete
  3. I am really happy to say it’s an interesting post to read. I learn new information from your article, you are doing a great job. Keep it up

    Blockchain Game Development Company

    ReplyDelete