Pengertian Clipping Mask Beserta Contohnya


Dalam dunia desain grafis, tentu clipping mask sudah bukan hal asing didengar bukan? Teman-teman pasti sudah banyak yang mengetahuinya, karena clipping mask ini sangat berguna sekali untuk membantu kita dalam membuat suatu desain. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan apa itu clipping mask, contoh, dan cara menggunakannya.


Clipping mask adalah sebuah mode di mana kita dapat membuat bentuk dari objek foto, gambar, ornamen, atau apa pun, mengikuti bentuk pada bidang yang kita tentukan. Seperti halnya menggabungkan dua buah foto, clipping mask ini mengkombinasikan beberapa objek dengan objek lainnya hingga desain itu terlihat lebih menarik.


Kita dapat membuat clipping mask itu menjadi benar-benar menarik sesuai dengan kreatifitas dan kreasi masing-masing, karena akan ada banyak hal yang tercipta dengan menggunakan clipping mask ini. Seperti contoh-contoh yang akan saya perlihatkan berikut ini.


Clipping Mask Layer Teks dengan Texture


Kita bisa mengkombinasikan antara layer teks dengan texture atau pun objek foto yang lain, di sini saya akan contohkan menggunakan texture. Dengan memakai clipping mask, font yang sudah kita beri teks tersebut akan terlihat lebih menarik.


Clipping Mask Shape dengan Objek Foto


Dengan menggunakan shape tool, kita juga dapat membuat clipping mask tersebut. Kita bisa menggunakan shape tool dengan mode rectangle, elipse, polygon, dan lainnya.




Clipping Mask Objek Foto dengan Texture


Dengan menggunakan objek foto itu sendiri kita juga bisa memakai clipping mask dengan objek foto lainnya. Di sini akan saya contohkan membuat clipping mask dengan texture, untuk hal ini, kita bisa mengkreasikannya sesuai kreasi masing-masing.




Clipping Mask Dalam Membuat Flat Design


Saat kita akan membuat suatu flat design, misalnya handphone. Tak jarang kita menggunakan objek foto agar flat design yang telah kita buat menjadi lebih realistis. Dalam hal ini, memakai clipping mask tentu akan sangat membantu karena mempermudah kita dalam membuatnya.



Itulah beberapa contoh dari penggunaan clipping mask. Tentu teman-teman dapat mengkreasikannya lebih dalam untuk membuat desain tersebut lebih nyaman dilihat. Itu hanya beberapa contohnya.

Lalu bagaimana cara untuk membuat clipping mask itu?

Caranya sangat mudah sekali.


Pertama, siapkan terlebih dahulu dua objek foto. Di sini saya contohkan shape tool dengan texture.



Kedua, letakkan objek foto yang akan menjadi ‘terlihat’ itu di atas dari objek yang akan menjadi bidangnya. Seperti ini contohnya.



Ketiga, klik kanan pada layer yang akan menjadi clipping mask-nya, kemudian pilih ‘create clipping mask’.



Hasilnya pun seperti ini.




Kemudian kita tinggal mengatur ukuran gambarnya agar menjadi lebih pas dengan objek bidangnya, dan clipping mask itu pun sudah selesai.


Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan dalam membuat clipping mask itu?


Selanjutnya kita tinggal menerapkannya pada desain yang akan kita buat, entah itu untuk cover buku, wallpaper, desain banner, poster, dan sebagainya.


Sekian artikel kali ini, bila ada yang ingin ditanyakan silakan tulis di kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini apabila bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see you!

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Pengertian Clipping Mask Beserta Contohnya"

  1. Sangat bermanfaat. Terima kasih 😊😊

    ReplyDelete
  2. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept. Thank you for the post. clipping mask photoshop

    ReplyDelete
  3. I really loved reading your blog. It was very well authored and easy to undertand. Unlike additional blogs I have read which are really not tht good. I also found your posts very interesting. In fact after reading. I had to go show it to my friend and he ejoyed it as well!
    clipping mask

    ReplyDelete
  4. The website is looking bit flashy and it catches the visitors eyes. Design is pretty simple and a good user friendly interface. https://clippingpatheasy.com/

    ReplyDelete
  5. Basically, clipping path refers to the art of sticking out or cutting out some parts of an image to make it more beautiful. During the procedure, an image is cut out from its primary layer. The aim of this procedure is to isolate pictures with a new background. Therefore, clipping path services carry a lot of importance. You may want to try out these services should you want to get the most of your photos. Read on if you want to make yourself more familiar with what this technique is and how it can be used. photo clipping path services

    ReplyDelete
  6. Basically, clipping path refers to the art of sticking out or cutting out some parts of an image to make it more beautiful. During the procedure, an image is cut out from its primary layer. The aim of this procedure is to isolate pictures with a new background. Therefore, clipping path services carry a lot of importance. You may want to try out these services should you want to get the most of your photos. Read on if you want to make yourself more familiar with what this technique is and how it can be used. Image Clipping Service

    ReplyDelete
  7. Great important post, where you make the main focus, really makes me happy for its necessary of importance.

    ReplyDelete
  8. Clipping mask in Photoshop is a powerful tool that controls layer visibility based on another layer's shape. This blog post offers a clear explanation and practical examples. It's a must-read for expanding your Photoshop skills. Well done, author!

    ReplyDelete