Membuat Typography Sederhana dengan Memanfaatkan Shape Tool di Photoshop



Sebelum ke topik bahasan, saya akan sedikit mengulas tentang typography.

Apakah typography itu?

Typography adalah teknik menempatkan huruf dengan berbagai variasi sehingga menimbulkan kesan yang nyaman untuk dibaca. Dalam typography, kita diharuskan untuk membuat font-font yang kita susun semenarik mungkin hingga menciptakan suatu desain yang indah.

Kita bisa membuat typography dengan cara menyusun teks, variasi font, serta mengatur tracking, alligment, kerning, leading, atau menambah ornamen. Sehingga membuat typography yang menarik.

Dengan membuat typography semenarik mungkin, tentu akan semakin menambah nilai jual desain yang kita buat juga dapat menarik minat calon konsumen. Misalnya, kita akan membuat banner tentang suatu info tertentu, dengan memakai typography yang menarik. Tidak menutup kemungkinan para calon konsumen kita akan terlebih dahulu ‘tergiur’ setelah melihat banner yang kita buat.

Typography bisa digunakan untuk banyak hal, misalnya untuk desain poster, banner atau flyer, sampul buku, desain kaos, wallpaper, dan lain sebagainya. Kita dapat memakai typography sesuai kebutuhan.

Sekarang saya akan coba tunjukkan membuat typography sederhana di Adobe Photoshop dengan hanya memanfaatkan shape tool dan sedikit penggunaan brush. Berikut saya contohkan secara singkat.

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu dokumen kerja. Temen-temen bebas mau memakai ukuran berapa saja, sesuai kebutuhan. Di sini saya memakai ukuran 1980 x 1080, dengan memakai background yang sudah saya download di internet.


  • Kemudian, ketik semua teks yang diperlukan dengan menggunakan ‘text tool’. Di sini bebas menggunakan font apa saja sesuai selera, tetapi saya sarankan untuk memakai satu jenis font terlebih dahulu agar lebih mudah. Setelah itu susun semua teks tadi seperti ini. Jangan lupa untuk selalu menggunakan layer baru untuk setiap kata dari kalimat itu, jadi satu kata untuk satu layer.


  • Setelah itu, kita coba mulai ulik satu per satu dari font tersebut. Untuk pertama saya coba untuk mengatur ukuran dari kata ‘A’ dan juga ‘MAN’ masih dengan jenis font yang sama. Kemudian, saya ubah font dari kata ‘WITH’ menjadi sedikit berbeda.



  • Kemudian, kita tambahkan shape tool dengan mode ‘rectangle’ untuk pelengkapnya. Ukurannya bisa kita sesuaikan agar pas dengan font yang telah kita susun tadi. Hasilnya seperti ini.


  • Lalu kita edit lagi bagian yang lain caranya pun masih seperti tadi. Kita dapat mengganti jenis font, mengubah ukuran, penempatan, warna, dan lain sebagainya. Hingga hasilnya seperti ini.


  • Lanjutkan pada bagian terakhir. Di sini saya hanya menggunakan shape tool dan juga brush tool. Teman-teman dapat menguliknya lagi sesuai kreasi masing-masing agar hasilnya terlihat lebih menarik. Seperti inilah hasilnya.


Kurang lebih seperti itulah cara membuat typography, tentunya typography yang sederhana atau simple. Teman-teman bisa mengkreasikannya lebih dalam sesuai keterampilan masing-masing.

Typography yang telah kita buat tadi juga bisa digunakan untuk cover buku, untuk wattpad misalnya. Karena dengan menggunakan typography juga akan membuat sampul buku tersebut terlihat lebih menarik. Seperti inilah contohnya.


Dalam membuat typography yang paling penting adalah sejauh mana kita dapat mengkreasikan teks, font, warna, ornamen, dan hal lainnya agar terlihat indah dan nyaman untuk dilihat. Sering-seringlah berlatih agar lebih memahami rasa sendiri dalam membuat typography itu sendiri.

Sekian artikel kali ini, bila ada yang ingin ditanyakan silakan tulis di kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini apabila bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see you!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Typography Sederhana dengan Memanfaatkan Shape Tool di Photoshop"

Post a Comment