Cover Wattpad Beserta Jenisnya





Sama halnya sebuah buku, cerita di wattpad juga harus memiliki cover sebagai tampilan awalnya. Cover wattpad menjadi salah satu elemen penting bagi cerita itu, karena bisa menjadi daya tarik tersendiri. Di sini, saya akan menjelaskan tentang cover wattpad lengkap dengan jenisnya.
Sebelum mulai membuat cover, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan. Berikut hal-hal yang dirasa diperlukan sebelum membuat cover.

Konsep
Langkah pertama, sebaiknya kita tentukan dulu konsep covernya mau dibuat seperti apa. Di sini, ide berperan sangat penting demi terciptanya cover wattpad yang menarik juga sinkron dengan isi cerita. Pikirkan konsep matang-matang sehingga mendapat hasil memuaskan.


Aplikasi
Aplikasi untuk membuat cover tentu sangat penting untuk kita miliki, karena di sini tempat kita mengerjakan cover yang akan kita buat. Aplikasinya juga beragam, di wattpad sendiri ada aplikasi untuk membuatnya yaitu wattpad cover maker. Selain itu, banyak yang bisa digunakan tergantung selera. Seperti photoshop, corel draw, gimp, inkscape, contoh aplikasi di komputer. Untuk di hp contohnya infinite design, picsart, dan lain-lain.


Bahan Edit
Yang dimaksud bahan edit di sini adalah, tentu apa saja yang diperlukan untuk membuat cover. Seperti misalnya gambar, font, atau pernak-pernik lain yang bisa digunakan. Gambar untuk covernya sendiri bisa dicari di situs-situs gambar seperti We Heart It, Pixabay, Pinterest, atau Google.


Setelah semua itu sudah siap, barulah kita mulai membuat cover wattpad yang akan dipasang untuk cerita kita.
Ukuran untuk suatu cover wattpad ada tiga macam, yaitu:
- 1024x1600
- 512x800
- 256x400
Bisa dipilih salah satunya, karena ketiga ukuran itu standar ukuran untuk cover wattpad. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Itu akan saya bahas di postingan selanjutnya. Di postingan ini saya hanya akan menjelaskan tentang cover wattpad itu dan juga beberapa jenisnya.

Jenis cover wattpad tentu banyak, tergantung style edit seperti apa yang diterapkannya. Di sini saya akan memberikan contoh beberapa cover wattpad yang sering digunakan.

Cover Simple
Cover jenis ini tinggal menambahkan teks pada gambar yang sudah ada. Memang terlihat mudah dan simple, tetapi jika kita menguliknya, cover simple akan terlihat elegan.
(Contoh cover simple)


Cover Manipulasi
Cover wattpad ini menggabungkan dua gambar atau lebih hingga menjadi suatu cover secara utuh. Inti dari pembuatan cover ini adalah pemotongan gambar, penempatan, serta coloring yang pas. Sehingga menciptakan cover yang sangat menarik.
(Contoh cover manipulasi) 

Cover Line Art
Mungkin ini cover jarang digunakan. Seperti namanya, style edit ini hanya memberi garis pada objek foto yang digunakan. Biasanya warna garis itu menggunakan warna hitam atau cokelat gelap.
(Contoh cover line art)


Cover Minimalist
Cover yang menggunakan foto manusia, kartun, atau vector dan dibuat secara sederhana. Biasanya cerita untuk fiksi remaja banyak menggunakan cover jenis ini.
(Contoh cover minimalist)

Cover Vector Atau Vexel
Cover wattpad ini menggunakan gambar digital sebagai objeknya.
(Contoh cover vexel)

Cover Double Exposure
Cover ini sama seperti manipulasi. Perbedaannya, cover ini hanya menggabungkan dua objek dan menjadi suatu gambar yang lebih indah.
(Contoh cover double exposure)


Selain cerita yang bagus untuk disimak. Memiliki cover wattpad yang menarik juga dapat menarik calon pembaca. Jadi, siapkah membuat cover wattpad yang bagus untuk cerita indah yang telah kalian buat?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cover Wattpad Beserta Jenisnya"

Post a Comment