Cara Mengubah Warna RGB Menjadi Warna CMYK di Adobe Photoshop




Warna merupakan elemen yang sangat penting dalam desain grafis, juga menjadi hal utama untuk mempermanis desain yang kita buat (gambar non grayscale). Dalam membuat suatu desain, kompisisi warna sangat diperlukan demi terciptanya desain yang memiliki nilai jual.

Dalam membuat ilustrasi sendiri, ketika akan mulai memberi warna. Tentu kita diharuskan memilih warna yang pas agar ilustrasi yang kita buat dapat dengan nyaman dilihat oleh mata.

Yang perlu diketahui, dalam penerapannya dalam dunia desain grafis. Terdapat dua jenis warna atau color mode yang wajib diketahui, yaitu warna RGB dan warna CMYK. Apakah warna RGB dan CMYK itu? Akan coba saya jelaskan secara singkat dan jelas.


RGB adalah mode warna yang terdapat pada gambar visual seperti komputer, televisi, dan fotografi. Warna RGB difungsikan dalam tampilan komputer karena warna belakang komputer adalah Red (merah), Green (hijau), dan Blue (biru). Warna RGB biasanya lebih terang dan jelas.


CMYK adalah mode warna yang digunakan untuk printing atau percetakan. Terdiri dari Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y), dan blacK (K). Warna CMYK digunakan untuk menyeimbangkan tampilan dari bahan cetak putih seperti kertas dan lain-lain.


Secara garis besar begitulah pengertian juga perbedaan dari warna RGB dan CMYK. Banyak yang bingung, kenapa hasil cetakan dari printer kadang berbeda dengan warna yang dilihat di komputer sebelumnya. Kedua warna inilah yang menentukan, bila kita akan mencetak gambar visual, sebaiknya ubah terlebih dahulu mode warnanya menjadi CMYK.

Bagaimana Cara Membuat Warna RGB atau CMYK?

Sebelum kita masuk pada bagian cara mengubah mode warna. Kita awali dulu dengan bagaimana mengatur pilihan mode awal dari mode warna itu, entah akan kita buat RGB atau pun CMYK.


  • Pertama, kita buat dokumen kerja baru dengan cara klik menu ‘file’ dan pilih ‘new’. Atau dengan menekan command ‘CTRL+N’ pada keyboard. Otomatis akan muncul jendela baru.




  • Pada bagian ini, isi setting untuk dokumen sesuai kebutuhan. Lalu, pada bagian color mode kita pilih RGB Color atau CMYK color, tergantung kebutuhan. Saya contohkan memakai CMYK. Lalu klik ‘OK’.




  • Dokumen kerja dengan mode warna CMYK pun sudah siap.




Lalu, Bagaimana Caranya Mengubah Dari Warna RGB Menjadi Warna CMYK?

Kita dapat mengatur sendiri mode warna itu pada saat setting untuk membuat dokumen kerja. Namun, bagaimana bila kita ingin mengubah mode warna tersebut pada dokumen yang sedang kita kerjakan, apa kita harus membuat dokumen baru?

Tentu saja tidak, ada cara untuk mengubah mode warna di Adobe Photoshop, tetapi jika kita tetap ingin membuat dokumen pun tetap diperbolehkan. Lalu, bagaimana cara mengubahnya?


  • Pertama, kita siapkan terlebih dahulu dokumen yang tengah kita kerjakan, saya contohkan seperti ini.




  • Kemudian dokumen tersebut akan kita ubah menjadi warna CMYK. Caranya, pilih menu ‘image’, pilih ‘mode’, selanjutnya kita tinggal pilih CMYK color atau pun sebaliknya.




  • Setelah itu akan muncul dua pilihan, kita pilih ‘Don’t flatten’. Seperti inilah hasilnya.



Bagaimana? Mudah sekali bukan? Segampang itulah mengubah warna RGB menjadi warna CMYK di Adobe Photoshop.

Jika ada yang bertanya-tanya lebih bagus mana antara warna RGB dan warna CMYK, tentu saja itu tidak ada jawaban lebih bagus atau jeleknya. Karena penggunaan dari warna RGB dengan warna CMYK sangatlah berbeda.

Warna RGB digunakan untuk gambar visual sementara warna CMYK digunakan untuk kebutuhan percetakan. Jadi keduanya memiliki tempat masing-masing. Sekarang, setelah kita mengetahui kegunaan kedua mode warna tersebut untuk apa, tinggal kita kreasikan dalam desain.

Bila ada yang ingin ditanyakan silakan tulis pertanyaan di kolom komentar, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini bila bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, see you.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengubah Warna RGB Menjadi Warna CMYK di Adobe Photoshop"

Post a Comment