Apa Itu Cover Buku atau Sampul Buku





Cover buku atau sampul buku adalah salah satu dari bagian kulit buku bagian luar. Jadi, cover buku adalah bagian terluar dari buku yang memiliki tiga bagian, yaitu cover depan, punggung buku, dan cover belakang.

Cover depan terdiri dari nama penulis, nama penerbit, juga gambar yang mewakili isi. Pada bagian punggung buku, di sinilah yang menentukan seberapa tebal isi buku tersebut. Biasanya pada bagian ini terdapat judul, nama penulis, serta nama penerbit. Kemudian, di cover belakang terdiri dari blurb, isbn, alamat penulis, juga ada yang mencantumkan biografi penulis.


Untuk Apa Cover Buku Dibuat

Cover buku atau sampul buku adalah tampilan awal dari cerita yang telah dibuat oleh penulis. Sehingga cover buku dibuat semenarik mungkin agar buku tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Membuat cover buku tidak bisa langsung begitu saja, ada yang disebut proses desain. Sebelum masuk pada proses desain, sebaiknya menentukan konsep desain terlebih dahulu dengan orientasi kepada isi buku.

Membuat konsep desain sebaiknya dilakukan oleh penulis, karena penulislah yang tahu secara detail tentang cerita yang telah dia selesaikan. Sehingga membuat konsep cover buku dapat berjalan cepat, akurat, dan sesuai dengan isi buku.


Desainer Grafis Kemudian Membuat Cover Buku

Setelah penulis menyerahkan konsep cover buku yang telah dibuatnya, barulah desainer akan mulai bekerja untuk membuat cover-nya. Tahap inilah yang disebut proses desain. Desainer akan bekerja sesuai dengan konsep yang telah dibuat oleh penulis. Desainer akan mengolah konsep cover buku tersebut menjadi desain cover yang menarik.


Berapa Lama Pembuatan Cover Buku

Mengenai waktu pembuatannya, tentu bisa berbeda-beda. Alangkah baiknya seorang desainer menerapkan deadline atau jangka waktu pada apa yang dikerjakannya. Dalam prosesnya, seorang desainer mengerahkan kinerjanya demi kepuasan klien, dalam hal ini disebutnya penulis. Namun, dalam mencari gambar, desainer harus berhati-hati karena ada gambar yang memiliki hak cipta.


Desain Cover Buku Harus Menarik

Tentu ini yang menjadi poin utama seorang desainer buku, karena desainnya itu yang pertama kali dilihat ketika seorang pembeli akan membeli buku. Ada beberapa hal yang bisa membantu untuk membuat desain cover, seperti ide yang bagus, ada bahan banding, juga bisa mengikuti tren. Selain itu, dengan desain cover yang menarik tentu akan membuat rasa penasaran pembeli bertambah untuk membaca cerita itu.


Cover buku memang elemen yang sangat penting untuk isi buku tersebut, selain kemasan buku terlihat semakin menarik juga menjadi nilai jual tinggi dengan kehadirannya.
Lalu, perlukah kita belajar untuk membuat cover buku? Selagi bisa kenapa tidak? Karena dengan cover yang menarik, akan membuat cerita kita terlihat lebih elegan.

Postingan terkait: