Cara Memberi Warna Background Pada Canvas di Adobe Photoshop



Warna memang menjadi elemen yang sangat penting dalam desain grafis, karena dengan warnalah suatu desain itu akan terlihat menarik.

Di dalam aplikasi Adobe Photoshop terdapat banyak cara untuk memberikan warna pada salah satu objek. Untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memberikan warna background pada canvas atau dokumen kerja di Adobe Photoshop.

Memberi warna pada background tentu sangat penting, karena itu yang menjadi warna dasar pada sebuah gambar atau foto. Banyak sekali cara untuk memberikan warna background, dan pada tutorial ini pun berlaku untuk Photoshop semua versi.

Memberi warna pada background sifatnya masih dasar, juga bila dilihat dari tingkat kesulitan. Rasanya masih sangat mudah. Kita langsung saja dengan cara yang paling mudah.

Dengan Menggunakan Solid Color

Pertama, kita diharuskan untuk membuat dokumen kerja baru. Dengan cara klik menu ‘file’ dan pilih ‘new’. Atau bisa dengan menekan ‘CTRL+N’ pada keyboard.



Selanjutnya, kita akan dihadapkan pada pilihan untuk mengatur dokumen kerja yang akan kita gunakan. Di sini kita bisa bebas mengaturnya sesuai kebutuhan, saya contohkan seperti ini.



Setelah muncul dokumen kerja, klik icon “Create new fill or adjusment layer” yang berada di bawah layer. Lalu pilih ‘solid color’.



Lalu akan muncul beragam pilihan warna yang dapat kita pilih sesuai keinginan, saya contohkan dengan memberi warna biru.



Dan dokumen kerja kita sudah diwarnai oleh warna yang kita pilih tadi.




Dengan Memakai Pen Tool

Seperti yang sudah sering saya bahas sebelumnya. Pen tool adalah tool yang sangat beragam fungsinya, salah satunya adalah dapat memberi warna pada background.

Pertama, pilih pen tool dengan mode ‘shape’.



Kemudian kita beri titik poin pada setiap bagian luar menyerupai segi empat.



Setelah titik poin itu terbentuk, klik dua kali pada layer shape dan akan muncul pilihan color untuk memberi warna.



Saya kembali memberi contoh memakai warna biru.



Dan inilah hasilnya. 



Dengan memakai pen tool, kita tidak hanya bisa mewarnai background. Melainkan bisa hanya dengan mewarnai beberapa bagiannya saja sesuai titik poin yang kita tempatkan.


Dengan Memakai Shape Tool

Sama halnya dengan pen tool, dengan menggunakan shape tool pun kita dapat mewarnai background. Bedanya, dengan shape tool caranya lebih simple.

Pertama, pilih shape tool dengan mode ‘rectangle’.



Tempatkan cursor pada bagian kiri atas dokumen, usahakan berada di luar dokumen kerja. Kemudian seret menggunakan cursor hingga menutupi seluruh dokumen kerja.



Setelah itu, sama seperti penggunaan pen tool. Pilih layer shape dan pilih warna sesuai keinginan.




Dengan Memakai Pain Bucket Tool

Pertama, kita ubah terlebih dahulu warna dari foreground color sesuai dengan warna yang kita inginkan. Dengan cara meng-klik icon foreground color tersebut dan akan menampilkan pilihan warna.



Pilih warna



Pilih paint bucket tool



Klik di sembarang tempat pada dokumen kerja, maka dokumen itu otomatis akan terisi dengan warna foreground yang telah kita pilih tadi.



Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memberi warna background pada canvas di Adobe Photoshop. 

Bila kita menelaah lagi, tentu masih ada cara untuk memberi warna. Kita bisa bebas memilih cara mana yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini membantu teman-teman yang tengah belajar desain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memberi Warna Background Pada Canvas di Adobe Photoshop"

Post a Comment